Perbedaan Ekonomi Makro dan Ekonomi Mikro

Perbedaan Ekonomi Makro dan Ekonomi Mikro

Perbedaan Ekonomi Makro dan Ekonomi Mikro

81 Tanggapan

  1. apa sih perbedaan teori ekonomi makro dengan mikro??

  2. adain dok perbedaan ekonomi mikro dan makro

  3. Mna pnjelasan perbedaan m pngertian.X kq g adh ! Gmna ch?

  4. maNA yaCAH…PERBEDAANnya????????!!!!!!

    • Ekonomi Mikro
      Dilihat dari
      Harga Harga ialah nilai dari suatu komoditas (barang tertentu saja)
      Unit analisis Pembahasan tentang kegiatan ekonomi secara individual. Contohnya permintaan dan dan penawaran, perilaku konsumen, perilaku produsen, pasar, penerimaan, biaya dan laba atau rugi perusahaan
      Tujuan analisis Lebih memfokuskan pada analisis tentang cara mengalokasikan sumber daya agar dapat dicapai kombinasi yang tepat.

      Ekonomi Makro
      Dilihat dari
      Harga : Harga adalah nilai dari komoditas secara agregat (keseluruhan)
      Unit analisis : Pembahasan tentang kegiatan ekonomisecara keseluruhan. Contohnya pendapatan nasional, pertumbu8han ekonomi, inflasi, pengangguran, investasi dan kebijakan ekonomi.
      Tujuan analisis : Lebih memfokuskan pada analisis tentang pengaruh kegiatan ekonomi terhadap perekonomian secara keseluruhan

    • tw niie msa ciie iiac’ gg ad iiank gsiih tw .. !!
      ybeliin eutd ..
      iiank pnter ciie tloonk ksih teu yach .. ?????!!!!!
      msa ciie gg mw brbgi ama iiak lum grti prbedaan niie .. ak udh lma nggu jwban niie lhoooo ……………
      ak btuh jwn ckrg

    • Kalo ekonomi mikro untuk pasar, dan penawaran DLL
      tapi kalo makro itu untuk konsumen dan produsen

  5. dimana yuach perbedaanya……….?

  6. perbedaan nya dimana sih kok ga adha ……..
    paling z jelas

    • jawaban ada diatas,,,intix jaa yaa ekonomi micro secra individual,sedangkan macro secara keseluruhan,,

      tugas qm yaa kembangkan lwt kata2mu sendiri,,cobalah hidup mandiri swdra,,
      jdi mahasiswa itu hrus bisa mengatur pola pikiranx dri tdak tau ke tau,,

      pasti qm bisa,
      pepatah mengtakan ”’masa orang bisa qt tdak bisa…!!!

      pokokx semngat swdra-swdriqu…!

  7. mana jawabnya??????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????///////////

  8. tlong di perJlaZ lgi dunk pengerti@n maKro nmikrrrrrrrrrrrooooooooooooo

  9. pak tlong di buatin lagi dunk perbedaannya

  10. apa perbedaan ekonomi mikro dan ekonomi makro???

  11. …..HOEEEE~~~?!!!
    where’s the differences~~~?
    uuuh~~~it’s useless to open this one too~
    T__T ‘ ‘ ‘ ‘ ‘ ‘ ‘ ‘

  12. if it useless why a u put it on the web?
    wht is the point of putting it on the web?
    the reason must be given 2 me completlly ok!

  13. bagai mana pembedaan secara merata

  14. aph ciie iiac’ perbedaan mikro dan makro … !! tlog jelasin donkkkk .. ?? ak bgg niie ..

  15. perbedaan ekonomi mikro dan makro yang jelas itu seperti apa?

  16. sbnrnya mslah yg da di dlm ekonomi makro dan mikro 2 sprti pha???

  17. tlong donk bwatin artikel ttng teori ekonomi mikro dan teori ekonomi makro…… pntng!!!!!!!!!!! dadakan lagi,,,,, jd waktu gag ckup,,,,, please eaw watin………..
    ksihan’anilah kita kita……..

  18. waaaawwwwwwwwww ……..
    hihihihihihi ………..

  19. mkana jgn dadakan iiac’ ..

  20. Astaghfirullah…
    temen2 masih lum paham ce pada hal tu dan jelas..
    ka’ idriz yunus bener tu masak mahasiswa mo di ajarin kaya’ anak TK gag etis kan…
    dan kalaupun temen2 gag ngerti kan masih bisa cari pembahasan yg paling rinci di situs laen masak ngotot gt huh kaya’nya tu bukan mahasiswa dech…

  21. Astaghfirullah…
    temen2 masih lum paham ce pada hal tu dan jelas..
    ka’ idriz bener tu masak mahasiswa mo di ajarin kaya’ anak TK gag etis kan…
    dan kalaupun temen2 gag ngerti kan masih bisa cari pembahasan yg paling rinci di situs laen masak ngotot gt huh kaya’nya tu bukan mahasiswa dech…

  22. assalamu’alaikum,,, mau tanya saya erwin
    kalau syarat2 barang dapat di jadikan barang apa saja???? syukran

  23. makashhh….sangat berguna bgt artikelnya….

  24. makashhhhhhhhh………
    bsa jdi contekan nih…..

  25. makashhhhhhhhh………
    bsa jdi contekan nih…..
    apa ada lagi yang lain

  26. apa ya perbedaan pasar menurut ekonomi makro dan ekonomi mikro ??

  27. Saya rasa jawaban dari UU Yusman sudah mewakili.. Kalau dilihat dari buku jawabanya juga sama perbedaanya itu. Saya aja yang masih Semester awal ngerti, lagipula jgn berpangku tangan dengan orang lain,, mahasiswa itu SCL student center learning..
    jujur baca comment’a malah bingung coz, bahasa’a ada yg diluar dari EYD..haha.. Bkin bhs sendiri kah (?) ups sorry.. *bows*

  28. heih.. alay banget sih.. bacanya aja sampe males. lol

  29. butuh penjelasan yang singkat dong ..

  30. mikro : membahas ttg sebagian kecil pendapatan-pengeluaran yg terjadi di organisasi, rumah tangga,

    mikro : bahas ttg pendapatan-pengeluaran suatu negara, yg di hitung melalui gdp negara. ada pajak, xpor-impor

  31. thank’s kk ats ilmu.y…..

  32. tolong jelasin pengertian ekonomi makro dan ekonomi mikro?

  33. OMFG is this really you? http://j.mp/AlqCjU?=m4hpS6m

  34. Apa perbedaan nya

  35. tlong d jlaskan tntng perbedaan mikro n makro

  36. tlong jlaskan perbedaan ekonomi mikro dan ekonomi makro

  37. Apa sih perbedaannya

  38. itu mah pengeratian, bukan perbedaannya -__-

  39. [...] Perbedaan Ekonomi Makro dan Ekonomi Mikro [...]

  40. tolong donk ka’ kasih tw d antara makro dan mikro manakah dr 2 teori ekonomi akan teraplikasi jika pemerintah menerapkan kebijakan fisikal?

  41. ap kah it bnr ttg makro n mikro???
    by lizthv ank dili

  42. assalamualaikum
    jelaskan perbedaan teori makro& mikro ekonomi secara ringkas terangkang pola dan ruang lingkup analisa kedua teori tersebut???
    bantuin lahhh plissss

  43. 1. Analisis Ekonomi Mikro
    Analisis ekonomi mikro terdiri dari teori harga, teori produksi, dan teori distribusi. Hal tersebut dapat diuraikan sebagai berikut :
    a. Teori harga, antara lain membahas proses pembentukan harga oleh interaksi antara penawaran dan permintaan akan suatu barang dan jasa di dalam suatu pasar, faktor-faktor yang memengaruhi perubahan permintaan dan penawaran, hubungan antara harga permintaan dan penawaran, bentuk-bentuk pasar dan sebagainya.
    b. Teori produksi, antara lain menganalisa masalah biaya produksi, tingkat produksi yang paling menguntungkan produsen, serta kombinasi faktor-faktor produksi yang harus dipilih oleh produsen agar tujuan untuk mencapai laba maksimum tercapai.
    c. Teori distribusi membahas faktor-faktor yang menentukan tingkat upah tenaga kerja, tingkat bunga yang harus dibayar karena penggunaan modal, dan tingkat keuntungan yang diperoleh para pengusaha.

    2. Analisis Ekonomi Makro
    Kebalikan dari ekonomi mikro, ekonomi makro menganalisis keadaan keseluruhan dari kegiatan perekonomian. Ekonomi makro tidak membahas kegiatan yang dilakukan oleh seorang produsen, seorang konsumen atau seorang pemilik faktor produksi, tetapi pada keseluruhan tindakan para konsumen, para pengusaha, pemerintah, lembaga-lembaga keuangan, dan negara lain serta bagaimana pengaruh tidakan-tindakan tersebut terhadap perekonomian secara keseluruhan.

    Secara garis besar ilmu ekonomi dapat dipisahkan menjadi dua yaitu ilmu ekonomi mikro dan ilmu ekonomi makro. Pengertian dan perbedaan ekonomi makro dan ekonomi mikro terletak pada ruang lingkup kajian ekonomi. Berikut adalah pengertian dan perbedaan ekonomi mikro dan ekonomi makro:
    Ekonomi Makro

    Ekonomi Makro, mengkaji mempelajari variabel-variabel ekonomi secara agregat (keseluruhan). Variabel-variabel yang juga berdampak atas beragam tindakan pemerintah tersebut, antara lain: pendapatan nasional, kesempatan kerja dan atau pengangguran, jumlah uang beredar, laju inflasi, pertumbuhan ekonomi, maupun neraca pembayaran internasional.

    Ruang lingkup kajian ekonomi makro adalah usaha masyarakat dan pemerintah dalam mengelola faktor produksi secara efisien. Landasan kajian ekonomi makro adalah teori Keynes Ekonomi makro memusatkan perhatian pada usaha masyarakat sebagai satu kesatuan untuk melakukan efisiensi dalam menggunakan faktor-faktor produksi yang tersedia.
    Ekonomi Mikro

    Ekonomi Makro, mempelajari variabel-variabel ekonomi dalam lingkup kecil misalnya perusahaan, rumah tangga. Ekonomi mikro juga mempelajari bagaimana berbagai keputusan dan perilaku tersebut memengaruhi penawaran dan permintaan atas barang dan jasa, yang akan menentukan harga; dan bagaimana harga, pada gilirannya, menentukan penawaran dan permintaan barang dan jasa selanjutnya.

    Ruang lingkup kajian ekonomi mikro adalah produsen dan konsumen. Tradisi berlandaskan teori Adam Smith. Ekonomi mikro dengan demikian memiliki ruang lingkup pada produsen dan konsumen. Produsen dan konsumen tersebut dalam dunia ekonomi yang nyata adalah individu-individu pada rumah tangga keluarga, masyarakat, atau perusahaan.
    Perbedaan ekonomi mikro dan ekonomi makro

    Harga

    Ekonomi Mikro: Harga ialah nilai dari suatu komoditas (barang tertentu saja).
    Ekonomi Makro: Harga adalah nilai dari komoditas secara agregat (keseluruhan)

    Unit analisis

    Ekonomi Mikro: Pembahasan tentang kegiatan ekonomi secara individual. Contohnya permintaan dan dan penawaran, perilaku konsumen, perilaku produsen, pasar, penerimaan, biaya dan laba atau rugi perusahaan.
    Ekonomi Makro: Pembahasan tentang kegiatan ekonomisecara keseluruhan. Contohnya pendapatan nasional, pertumbuhan ekonomi, inflasi, pengangguran, investasi dan kebijakan ekonomi.

    Tujuan analisis

    Ekonomi Mikro: Lebih memfokuskan pada analisis tentang cara mengalokasikan sumber daya agar dapat dicapai kombinasi yang tepat.
    Ekonomi Makro: Lebih memfokuskan pada analisis tentang pengaruh kegiatan ekonomi terhadap perekonomian secara keseluruhan.

    Secara garis besar ilmu ekonomi dapat dipisahkan menjadi dua yaitu ilmu ekonomi mikro dan ilmu ekonomi makro. Pengertian dan perbedaan ekonomi makro dan ekonomi mikro terletak pada ruang lingkup kajian ekonomi. Berikut adalah pengertian dan perbedaan ekonomi mikro dan ekonomi makro:
    Ekonomi Makro

    Ekonomi Makro, mengkaji mempelajari variabel-variabel ekonomi secara agregat (keseluruhan). Variabel-variabel yang juga berdampak atas beragam tindakan pemerintah tersebut, antara lain: pendapatan nasional, kesempatan kerja dan atau pengangguran, jumlah uang beredar, laju inflasi, pertumbuhan ekonomi, maupun neraca pembayaran internasional.

    Ruang lingkup kajian ekonomi makro adalah usaha masyarakat dan pemerintah dalam mengelola faktor produksi secara efisien. Landasan kajian ekonomi makro adalah teori Keynes Ekonomi makro memusatkan perhatian pada usaha masyarakat sebagai satu kesatuan untuk melakukan efisiensi dalam menggunakan faktor-faktor produksi yang tersedia.
    Ekonomi Mikro

    Ekonomi Makro, mempelajari variabel-variabel ekonomi dalam lingkup kecil misalnya perusahaan, rumah tangga. Ekonomi mikro juga mempelajari bagaimana berbagai keputusan dan perilaku tersebut memengaruhi penawaran dan permintaan atas barang dan jasa, yang akan menentukan harga; dan bagaimana harga, pada gilirannya, menentukan penawaran dan permintaan barang dan jasa selanjutnya.

    Ruang lingkup kajian ekonomi mikro adalah produsen dan konsumen. Tradisi berlandaskan teori Adam Smith. Ekonomi mikro dengan demikian memiliki ruang lingkup pada produsen dan konsumen. Produsen dan konsumen tersebut dalam dunia ekonomi yang nyata adalah individu-individu pada rumah tangga keluarga, masyarakat, atau perusahaan.
    Perbedaan ekonomi mikro dan ekonomi makro

    Harga

    Ekonomi Mikro: Harga ialah nilai dari suatu komoditas (barang tertentu saja).
    Ekonomi Makro: Harga adalah nilai dari komoditas secara agregat (keseluruhan)

    Unit analisis

    Ekonomi Mikro: Pembahasan tentang kegiatan ekonomi secara individual. Contohnya permintaan dan dan penawaran, perilaku konsumen, perilaku produsen, pasar, penerimaan, biaya dan laba atau rugi perusahaan.
    Ekonomi Makro: Pembahasan tentang kegiatan ekonomisecara keseluruhan. Contohnya pendapatan nasional, pertumbuhan ekonomi, inflasi, pengangguran, investasi dan kebijakan ekonomi.

    Tujuan analisis

    Ekonomi Mikro: Lebih memfokuskan pada analisis tentang cara mengalokasikan sumber daya agar dapat dicapai kombinasi yang tepat.
    Ekonomi Makro: Lebih memfokuskan pada analisis tentang pengaruh kegiatan ekonomi terhadap perekonomian secara keseluruhan.

  44. ekonomi mikro : cabannya di pelopori oleh adam smith..
    ekonomi makro : cabangnya di pelopori oleh J.M. keynes :) (y)

  45. hy semua

  46. bkan nya ekonomi mikro dan makro di lihat oleh harga,unit analisis,dan tujuan analisis

  47. pokonya Makro besar Mikro Kecil sederhana :)

  48. Lw contoh’a gmn kx ??

  49. Y

  50. tolong dong siapa yang bisa nerjemahin omongannya si claudiiea? mata saya sakit baca tulisannya…

  51. hem alhamdullillah ternyata tanggung jawab ekonomi makro banyak dan lebih besar yahh

  52. Trimakasih ya… Jwbnx Membantu sekali

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: